Sabtu, 26 Januari 2013

Cuaca Wilayah Jabodetabek Tanggal 26-27 Diprediksi Tidak Akan Terjadi Curah Hujan Ekstrim

1. Kondisi Cuaca Saat ini
Berdasarkan pantauan kondisi cuaca saat ini, Jumat 25 Januari 2013, secara umum menunjukkan pengaruh aktifitas Monsun Asia lemah. Adanya sistem tekanan rendah di Australia bagian utara dan barat laut yang dapat bertahan untuk jangka waktu hinggga 7 hari ke depan, masih merupakan faktor dominan pembentukan daerah pertumbuhan awan hujan yang signifikan di wilayah Indonesia bagian selatan, mencakup wilayah Sumatera bagian Selatan, Laut Jawa, Jawa, Nusa Tengggara, Kalimantan bagian Selatan dan Utara, Sulawesi bagian Tengah, Maluku bagian Tengah dan Papua bagian Utara.

2. Prediksi Cuaca JABODETABEK tanggal 26-27 Januari 2013
Mengacu pada hasil analisis pada butir 1, mengindikasikan tidak adanya faktor dominan yang akan menyebabkan peningkatan curah hujan secara ekstrim pada tanggal 26 dan 27 januari 2013 di wilayah JABODETABEK dan sekitarnya. Namun demikian peluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang (20 - 50mm dalam sehari) masih dapat terjadi secara sporadis di wilayah Jabodetabek pada siang dan sore hari, dengan konsentrasi di wilayah bagian selatan.

3. Prospek Cuaca 1 Minggu ke depan
Dengan mempertimbangkan perkembangan beberapa faktor dominan yang mempengaruhi dinamika atmosfer di wilayah Indoonesia untuk jangka waktu 1 minggu ke depan menunjukkan tidak adanya potensi akan terjadinnya curah hujan dengan intensitas ekstrim (Curah hujan > 150 mm/hari) di wilayah JABODETABEK dan sekitarnya. Namun demikian kondisi cuaca harian masih fluktuatif, dimana potensi curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat ( curah hujan 20 - 100 mm/hari) masih dapat terjadi secara sporadis di beberapa wilayah.

Jakarta, 25 Jakarta 2013
BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA
::: Humas


Tidak ada komentar: