Jumat, 18 Januari 2013

Analisis Kondisi Cuaca Minggu Ini dan Prospek 1 Minggu ke Depan

  1. KONDISI CUACA SAAT INI
    Sesuai dengan informasi yang telah disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi pada Pers Release pada hari Rabu, 16 Januari 2013, potensi adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas tinggi berpeluang terjadi di pulau Jawa pada akhir pekan minggu ini.





    Menguatnya aktifitas Monsun Asia merupakan faktor yang menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin yang memanjang mulai dari Sumatera bagian selatan, jawa, hingga Nusa Tenggara. Dimana daerah tersebut di dalam ilmu meteorologi merupakan wilayah potensial untuk pertumbuhan awan hujan.

    Kondisi cuaca yang terpantau hari ini adalah sebagai dampak dari adanya aktifitas Monsun Asia, menyebabkan curah hujan dengan intensitas cukup tinggi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, termasuk Banten dan Jawa Barat.

    Hasil pantauan curah hujan di wilayah JABODETABEK yang tercatat hingga pk.07:00 pagi ini menunjukkan adanya curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat di: Tanjung Priok 95 mm; Kemayoran 81 mm; Pakubuwono 57 mm; Cileduk 59 mm; Depok 63,5 mm; Cengkareng 103 mm; Kedoya 125 mm; Gunung Mas 76 mm; Pantai Indah Kapuk 80,5 mm.
  2. PROSPEK CUACA 3 HARI KE DEPAN
    Aktifitas Monsun Asia diprediksi masih akan berlangsung sampai 2 atau 3 hari mendatang, ini berdampak dengan akan meluasnya pertumbuhan awan hujan di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, sebagian besar Jawa, Bali, dan Nusatenggara.

    Dampak lain selain dari adanya peningkatan daerah hujan adalah adanya peningkatan kecepatan angin dan Tinggi gelombang laut di L.China Selatan, Selat Karimata, L.Flores, L.Timor, ,L.Sawu, dan L.Banda .

    Untuk jangka waktu 3 hari ke depan potensi curah hujan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya relatif cukup tinggi, terutama akan adanya curah hujan yang terjadi pada malam menjelang pagi hari.
  3. PROSPEK CUACA SATU MINGGU KE DEPAN
    Berdasarkan analisa dinamika atmosfer untuk jangka waktu 1 minggu ke depan, kemunculan Aktifitas Monsun Asia yang dapat berulang dalam jangka waktu 7-10 hari kedepan. Prakondisi yang harus dipenuhi untuk terjadinya kembali Aktifitas Monsun tersebut adalah peningkatan Tekanan Udara di Asia Tengah dan Terbentuknya Pusat Tekanan rendah di Australia dan Sekitarnya. Apabila prakondisi tersebut terpenuhi, maka diprediksi untuk jangka waktu 1 minggu ke depan ada potensi peningkatan curah hujan di Jawa, Bali dan Nusatenggara.

    Sumber : http://www.bmkg.go.id/


Tidak ada komentar: