Kamis, 11 Oktober 2012

Penyuluhan Kader Desa Siaga Aktif (MPKU PC. Muhammadiyah Kebayoran Baru)

Sabtu, 6 Oktober 2012 Tim dari MPKU PC. Muhammadiyah Kebayoran Baru melakukan kegiatan penyuluhan PHBS di Kelurahan Petogogan Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. 

Seorang Kader Penyuluh "Syahrul Jamal" mengatakan kegiatan ini diikuti kurang lebih 40 orang dari warga sekitar. Program PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya, ini merupakan program yang ke-2 pada tahun 2012, berkat kerjasama Kementrian Kesehatan dan MPKU Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Target kegiatan ini selain mempunyai 40 orang tenaga penyuluh pada satu titik dikelurahan Petogogan, juga diharapkan terwujudnya masyarakat desa yang sehat, serta peduli dan tanggap permasalahan kesehatan diwilayahnya. 

Kemudian Tujuan khususnya adalah (1) meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat desa tentang pentingnya kesehatan ; (2) meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa terhadap resiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan (bencana, wabah, kegawatdaruratan dan sebagainya) ; (3) meningkatkan keluarga yang sadar gizi dan melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat ; (4) meningkatkan kesehatan lingkungan di desa ; (5) meningkatkan kemampuan dan kemauan masyarakat desa untuk menolong diri sendiri di bidang kesehatan. Kemudian ditambahkan oleh Hafizzudin Koordinator program ini untuk Tingkat Kotamadya, bahwa kegiatan ini dilakukan di 4 titik kegiatan, diantaranya 2 titik berada di Kecamatan Kebayoran Baru yakni Kelurahan Petogogan dan Kelurahan Kramat Pela dan 2 titik ada di Kecamatan Kebayoran Lama yakni di Kelurahan Cipulir dan Pesanggrahan. (sw.okt.12)


Tidak ada komentar: